Istimewa, Kopi dan Kerajinan Papua Pegunungan Jadi Primadona di Pelantikan Anggota DPR dan DPD.

banner 468x60

 

 

 

 

JAKARTA | Kopi dan kerajinan unggulan khas Papua Pegunungan hari ini menjadi istimewa dan mendapat perhatian khusus Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, pejabat tinggi negara beserta anggota DPR, DPD dan keluarganya dari seluruh Indonesia yang hadir di gedung Nusantara, Senayan, Jakarta.

Produk unggulan dari provinsi yang dipimpin Penjabat Gubernur Dr. Velix Vernando Wanggai, S.I.P., M.P.A itu menjadi primadona saat disajikan dan dipamerkan disela-sela pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia periode 2024-2029 yang berlangsung di gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa, 01 Oktober 2024.

Di moment bersejarah tanggal 1 Oktober 2024 dimana hari ini diperingati Hari Kebangkitan Pancasila sekaligus pelantikan anggota DPR, DPD dan MPR RI, Provinsi Papua Pegunungan mewakili Tanah Papua, diberikan kepercayaan turut mendekorasi area VVIP dengan tema “Mari Merawat Keberagaman Indonesia”.

Menara pantau ciri khas Masyarakat Wamena ditempatkan di escalator VVIP. Provinsi Papua Pegunungan juga diberikan tempat Both atau stand memamerkan produk kerajinan unggulan dan menyajikan 4 kopi khas Papua Pegunungan yakni Kopi Wamena, Kopi Tiom, Kopi Lani dan Kopi Bokondini.

Sementara produk kerajinan unggulan yang dipamerkan antara lain Noken, Patung, kerajinan rotan dan menjadi daya tarik tersendiri adalah Bunga Kurulu.

Ketua TP PKK Provinsi Papua Pegunungan, Hermin M Wanggai S.IP M.Pd bersama pengrajin mama Papua yang berada di stand tersebut, berbangga dan tampak bahagia. Produk khas masyarakat Papua Pegunungan menjadi primadona dan dibanjiri pengunjung di moment penting kenegaraan tersebut.

2.500 cup kopi khas Papua Pegunungan habis diseruput para anggota DPR,DPD berserta keluarga dan pengunjung yang hadir di gedung Nusantara Senayan.

“Kami bangga dan senang karena kopi khas Wamena Papua Pegunungan jadi primadona hari ini. Habis dua ribu lima ratus cup. Hari ini istimewa sekali karena Provinsi Papua Pegunungan berada di area VVIP dan mendapat kesempatan turut mendekorasi tempat pelantikan anggota DPR,DPD, dan MPR. Ini sebuah kebanggaan sekaligus sebagai ajang promosi produk dan kerajinan unggulan masyarakat Papua Pegunungan,”ujar Hermin Wanggai ketika diwawancara awak media.

Mama (istri) Gubernur Papua Pegunungan yang bersahaja ini berharap dengan keikutsertaan daerahnya dalam mendekorasi area pelantikan anggota DPR,DPD dan MPR, dapat membawa angin segar sekaligus dampak positif bagi pembangunan di seluruh Papua, terlebih khusus Provinsi Papua Pegunungan.

“Berharap dengan kehadiran kami, pemerintah pusat dan para wakil rakyat yang hari ini dilantik dapat memperhatikan pembangunan di Papua dan Papua Pegunungan secara khusus,”ujarnya.

“Paling tidak dengan kopi organic atau dikenal dengan sebutan black gold khas Papua Pegunungan yang ditanam ketinggian 2200-2500 Mdpl menjadi pengingat para anggota dewan yang hari ini dilantik untuk memberikan perhatian khusus untuk membangun dan memajukan Provinsi Papua Pegunungan,”harap Hermin Wanggai.

Mewakili Pemerintah dan Masyarakat, Hermin M Wanggai menyampaikan selamat kepada para Anggota DPR dan DPD RI daerah pemilihan Papua Pegunungan yang turut dilantik hari ini. “Selamat juga kepada bapak-bapak anggota DPR dan DPD RI dapil Papua Pegunungan yang dilantik hari ini,”pungkas Ketua TP PKK.

Presiden Hadiri Pelantikan

Presiden Joko Widodo menghadiri Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR/DPD/MPR RI Periode 2024-2029 pada Selasa, 1 Oktober 2024. Pengucapan sumpah/janji anggota dewan tersebut dilaksanakan di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Para anggota dewan terpilih dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 115/P Tahun 2024 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Masa Jabatan Tahun 2024-2029. Pengucapan sumpah/janji para anggota DPR/DPD/MPR terpilih dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin dan diikuti oleh seluruh para anggota terpilih.

Sidang dimulai dengan Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dipimpin oleh pimpinan sementara DPR yaitu Guntur Sasono yang merupakan anggota DPR tertua dan Annisa Mahesa sebagai anggota DPR termuda. Sebanyak 579 anggota DPR dilantik berdasarkan Keputusan Presiden yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar.

Usai pelantikan anggota DPR, sidang paripurna dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sidang paripurna DPD dibuka oleh pimpinan sementara DPD yakni Ismeth Abdullah sebagai anggota DPD tertua dan Larasati Moriska sebagai anggota DPD termuda.

Dalam sidang paripurna tersebut, sebanyak 152 anggota DPD terpilih dilantik berdasarkan keputusan yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal DPD, Rahman Hadi.

Selanjutnya, sidang paripurna kembali dibuka dengan agenda pengucapan sumpah/janji anggota MPR yang dipimpin oleh pimpinan sementara MPR yaitu Guntur Sasono dan Larasita Moriska sebagai anggota tertua dan termuda. Dalam kesempatan tersebut, Plt Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah membacakan petikan keputusan Presiden Republik Indonesia.

Turut hadir dalam sidang paripurna tersebut yakni Wakil Presiden Ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden Ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, dan Wakil Presiden Ke-11 Boediono. Selain itu, hadir pula Presiden Terpilih Prabowo Subianto, para menteri Kabinet Indonesia Maju dan duta besar negara sahabat.

R.

Editor | LEPIANUS KOGOYA | KOMINFO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *