Ariga Wiyan Fadli Penerus Produksi Karakter Coffee Keluarga asal Aceh yang Tembus Pasar Internasional

Jakarta, 8 September 2023.     – Ariga Wiyan Fadli Penerus Produksi Karakter Coffee Keluarga asal Aceh sebagai Petani kopi generasi ke-empat. Dan mengembangkan sampai ke luar daerah bahkan Tembus Pasar Internasional, dengan nama Karakter Coffee (id), hadir di Pameran Perkebunan Terbesar yang di selenggarakan di Hall 3 – 3A, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang sejak tanggal 7 s/d 9 September 2023.

Pameran Perkebunan Terbesar yang di pelopori oleh Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan menyelenggarakan BUNEX (Perkebunan Indonesia Expo) dan diharapkan menjadi tempat pengembangan perkebunan Indonesia yang lebih maju, mandiri dan modern.⁠

Ariga Wiyan Fadli memanfaatkan BUNEX sebagai sarana promosi, saling berinteraksi, bekerjasama dan berinovasi. ⁠

Ariga Wiyan Fadli (Indonesian Brand Manager), sebagai pemilik dari UMKM dibawah binaan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

“Selaku pelaku usaha kopi binaan dari Dinas Provinsi Aceh. Produk-produk yang Karakter Coffee bawa ini merupakan komoditi dari kopi dan bertujuan untuk memperluas pasar kopi dengan tujuan market sebagai kapasitas Ekspor,” ujar Ariga.

Untuk saat ini ekspor Karakter Coffee sudah ke bagian dari Timur Tengah, Asia Tenggara sama Eropa, yang kebetulan sekarang kami sedang berkembang di Dubai Diamon, disana kami punya Warehouse sebagai karakter internasional,” lanjut Ariga.

“Jadi Karakter Coffee akan memperkenalkan kopi Indonesia keluar dengan harga murah dengan Kafein score nya tinggi. Kafein score tinggi itu ibarat di sekolah kita ada raportnya, jadi si kopi ini ada nilai raportnya, jadi kalau nilai nya bagus, semakin tinggi semakin mahal, cuman kita mau memperkenalkan semakin bagus semakin murah supaya ekspor kopi kita lancar terus. Karena persaingan kopi kita di dunia itu cukup besar. Pesaing kopi kita ada Brazil, Kolombia dan Vietnam dan mereka kopi bagus-bagus jual nya lebih murah,” terang Ariga.

“Untuk sekarang, karena permintaan pasar banyak dari Robusta,  maka kami menyediakan sesuai permintaan dan mengikuti pasar,” lanjut nya.

“Kalau kopi Gayo itu ada Robusta dan Arabica,  tergantung saat proses awal. Kopi Gayo yang berasal dari kabupaten Gayo dan memiliki 3 Kabupaten, ada suku Lues, Takengon, Bener Meriah, dari 3 Kabupaten itu merupakan penghasil kopi terbesar Arabica di Indonesia,” jelas Ariga.

“Kalau untuk kapasitas Ekspor Karakter Coffee perbulan, dan kebetulan Karakter Coffee juga memiliki kebun di Solok, di ijen dan di Gayo, ujar nya.

“Dalam memperluas market, Karakter Coffee juga di jual ke daerah lain. Artinya Karakter Coffee telah mengembangkan bibit kopi internasional untuk dapat di tanam di Indonesia, guna nya agar ada sirkulasi keuangan dari luar ke Indonesia, jadi tidak Aceh saja, jadi Karakter Coffee ada di seluruh Nusantara,”jelas Ariga.

“Di ijen, di Solok dan telah cukup besar lahan kita buka untuk Perkebunan. Hal tersebut untuk mencukupi kebutuhan KarakterCoffee, karena banyak buyer meminta kontrak ke kami sebesar 75 ton per bulan,” lanjutnya.

“Jadi kalau di Indonesia, sebenarnya petani kopi yang harus dikuatkan di sektor supply chains, jadi dari hulunya dulu. kalau kita mau bicara spesial kopi bagus tapi di hulu kita nggak kuat itu percuma. Jadi kita kembangkan di Hulu dulu, kuatkan kakinya, produksinya kapasitas besarin, baru bicara ekspor,” lanjut Ariga.

Karakter Coffee berharap dengan ikut acara ini mendapat buyer baru lagi, karena biasanya setiap event, Karakter Coffee bertemu dengan buyer-buyer reguler, seperti untuk wilayah Jakarta, seperti coffe shop – Coffee shop, untuk permintaan kapasitas kecil-kecil di lokal kita masih bisa kerjakan, meskipun sebenarnya pangsa pasar Karakter Coffee memiliki target nya ekspor,” terang Ariga.

“Untuk di Jakarta sudah ada sekitar 50 kopi shop kami supplay. Bahkan kami mendapat PO dari modern market, tapi untuk sementara waktu belum dapat kami layanan karena kami sedang menunggu ijin halal sama PRT nya dan MD,” lanjutnya.

“Ada 13 jenis proses kopi dari Karakter Coffe, dan saat ini yang di bawa hanya 8 jenis, antara lain ada Luwak Liar Gayo, Long Baary, Wine Coffe, Pea Berry, Arabica Spesciality Gayo, Cholate Jasmin, karamel dan weny (anggur), dll, ujarnya.

“Pelaku usaha UMKM sebisa mungkin, kita yang di bina agar berhasil dan membantu pemerintah untuk terjadinya pertukaran rupiah menjadi lebih cepat, dikarenakan untuk ekspor,” jelas Ariga.

“Di Indonesia ini mungkin daya beli nya agak menurun, ya Mudah-mudahan bisa berkembang, karena dari UMKM sendiri kita berharap bisa untuk menguasai pasar,” tutup Ariga pada para awak media di sela sela pameran saat berada di ICE BSD, Tangerang.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Karakter Coffee pada alamat dibawah ini:

Karakter Coffee (id)

www.karaktercoffee.com

ariga@karaktercoffee.com

Graha Mampang Lt.3. Suite 305.

Mampang Prapatan Raya Kav.100, Jakarta – Indonesia

 

banner 468x60