Dansektor 20 Citarum Harum Kolonel Inf Suyitno, Tinjau Kegiatan Perbaikan Dan Penguatan Kaki Tanggul Citarum

banner 468x60

Bekasi, target news.com – Dansektor 20 Citarum Harum Kolonel Infanteri Suyitno S.I.P meninjau kegiatan perapian dan sekaligus kaki penguatan tanggul sungai Citarum di Kampung Batujaya, Desa Lenggahjaya Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (07/11/2023).

Dikesempatan tersebut, Dansektor 20 Citarum Harum Kolonel Inf. Suyitno mengatakan, dengan di lakukannya posko sudah menyiapkan 5000 pohon atau tanaman – tanaman guna memperkuat kaki tanggul sungai Citarum. Terlebih bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar tanggul, jika masih kurang Dansektor 20 Citarum Harum akan menambahkan lagi.

“Kami sudah menyiapkan ada 5000 ribu kalau mau nanti butuh lagi berapa ribu pun kita bisa gambil. Sekarang yang ada di pos, ada lima ribu , kalau kurang kita akan datangkan pohon, ” kata Dansektor 20 Citarum Harum Kolonel Inf . Suyitno S.I.P. saat dikonfirmasi awak media Kabar Nasional com.

Lebih lanjut, Kolonel Inf Suyitno Dansektor 20 Citarum Harum menambahkan, penguatan sistem kaki tanggul Sungai Citarum harus menggunakan tanaman diantarnya seperti pohon jengkol, durian, alpukat dan pohon yang bisa memperkuat tanggul, dan juga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar tanggul sungai Citarum itu merupakan kelebihannya dari program Citarum Harum sektor 20.

“Pohon durian, jengkol , terus jambu kristal, kemarin apa untuk alpukat sudah abis keduluan sama orang. Tapi kita minta lagi, karena rencana tetap minta, setelah kita tanam baru kita gambil lagi untuk daerah lain,” terangnya.

Masih Dansektor 20 menjelaskan, sebanyak 55 titik tanggul kritis yang ada di sepanjang sungai Citarum. Tinggal 4, satu titik sedang dikerjakan dan 3 titik dikerjakan oleh BBWS pada tahun depan, yang bisa di kerjakan sekarang secara tanggap darurat. Terlebih kekurangannya dikerjakan pada tahun depan.

“Kita sudah selama ini ada 55 tanggul kritis , sekarang tinggal 4 lagi semua kita kerjain. Yang bisa kita kerjain secara dengan alat – alat kita kerjain, tapi yang engga bisa BBWS akan dikerjakan. Karena kita laporkan, sudah buat dron, makanya tahun depan yang tiga dilanjutkan oleh BBWS.

Terlebih Suyitno melanjutkan, kegiatan perbaikan tanggul sungai Citarum akan terus kita kawal dan akan kita tinjau hasilnya setiap minggunya, agar benar – benar maksimal berjalan dengan lancar dan akan terus kita dukung, sehingga tanggul – tanggul kritis yang ada di sepanjang sungai Citarum dapat di atasi, oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, “Imbuhnya.

Sementara itu, Hendri (46 tahun) atau akrab di panggil Bendo pihak Citarum Harum mengatakan, kalau saat ini Satgas sektor 20 Cabangbungin sedang pokus perbaikan perapihan tanggul sepanjang 1 KM yang berlokasi di desa Lenggahjaya dan penguatan kaki tanggul.

” Saya akan laksanakan apa yang sudah di arahkan oleh Dansektor 20 Citarum Harum. Sejauh ini baru sekitar 1 KM sedang dilakukan perbaiki dan kerapihan kaki tanggul dan tanggul Sungai Citarum, ” tutupnya.

(Kasman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *