Blog  

Pengangkatan Kepala Dusun Kepatihan Desa Cluring Di Duga Menyalahi Aturan Yang Sudah Di Tentukan

banner 468x60

Banyuwangi, target news.co.id – kegaduhan yang terjadi di dalam proses pengangkatan Kepala Dusun Kepatihan atas nama Rikky Aditama yang di lakukan oleh kepala Desa Cluring kecamatan Cluring di duga ada keberpihakan dan kekeliruan,terlebih pengangkatan kepala Dusun Kepatihan belum mendapatkan restu dari pihak kecamatan.

Persoalan kegaduhan yang terjadi berawal, dari tidak terimanya salah satu calon kepala Dusun yang bernama Fanny Dwi Handika.padahal oleh panitia,Fanny Dwi Handika dinyatakan lolos dari seleksi dan mendapat nilai tertinggi.anehnya,pengangkatan kepala Dusun di Desa Cluring lain dari biasanya, pengangkatan kepala Dusun Di Desa Cluring di tentukan bukan dari nilai tertinggi melainkan dari hasil poin yang di dapat dari masing-masing kandidat.

Sehingga Fanny Dwi Handika mesti di nyatakan mendapat nilai tertinggi pada saat penilaian.di nyatakan tidak bisa lolos menjadi kepala Dusun,di karenakan dari hasil penilaian kepada Desa, poin yang di dapat oleh Fanny Dwi Handika masih di bawah poin yang di dapat Rikki Aditama.

Karena tidak mau ada perselisihan,pihak kecamatan mengundang para pihak untuk di lakukan mediasi yang bertujuan untuk mendinginkan suasana agar bisa meredam kegaduhan.namun sayang, proses mediasi yang di lakukan pihak pemerintah kecamatan tidak juga membuahkan keberhasilan.

Bertempat Di ruang Camat kantor kecamatan Cluring.mediasi yang di hadiri oleh kepala Desa Cluring, sekertaris Desa Cluring,Camat Cluring,Fanny Dwi Handika di dampingi sang ayah, Riki Aditama dan M.Yunus selaku tokoh masyarakat berjalan alot Hingga sampai menimbulkan perdebatan.pada akhirnya mediasi yang berlangsung hampir 3 jam itu dinyatakan belum ada kesepakatan karena masih menunggu proses penjelasan dari pihak pemerintah Daerah kabupaten Banyuwangi.

Anehnya kepala Desa Cluring Sunarto saat di konfirmasi perihal sejak kapan untuk proses pengangkatan kepala Dusun yang menentukan adalah poin bukan hasil penilaian enggan memberikan jawaban.

“Saya No Command dulu mas”jawabnya singkat.jum’at (5/1/2024)

Sementara Camat Cluring Hendri Suhartono ketika di konfirmasi menjelaskan kalau proses pengangkatan kepala Dusun Kepatihan atas nama Ricky Aditama masih ada permasalahan,karena ada yang salah pada saat proses pelaporan ke kecamatan.

“Kalau saya berpatokan di Peraturan Bupati, seharusnya Yang mendapat nilai tertinggi itu itulah yang harus di angkat,bukan berdasarkan poin.baru kali ini lo proses pengangkatan kepala Dusun berdasarkan poin sebelumnya tidak seperti itu setau saya.kalau memang sekarang mekanismenya di rubah seperti itu seharusnya kan pihak kecamatan di beri tahu.kita pihak kecamatan itu tidak mau memberikan rekomendasi bukan karena sengaja, karena menurut saya masih ada dokumen pelaporan dari Desa yang harus di Lengkapi”tegasnya.

Lebih lanjut Camat Cluring berharap,pihak pemerintahan Desa Cluring segera mengambil langkah,supaya pengangkatan kepala Dusun Kepatihan di tangguhkan terlebih dahulu sembari menunggu penjelasan dari pihak pemerintah Daerah kabupaten Banyuwangi.

“dari pada menimbulkan kegaduhan sebaiknya di berhentikan dulu lah, sambil menunggu penjelasan dari Pemda”imbuhnya.(YG).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *